cool hit counter

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kep. Bangka Belitung - Persyarikatan Muhammadiyah

 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kep. Bangka Belitung
.: Home > Berita > Menggunakan Kapal Laut Nelayan, Rombongan Muhammadiyah Bangka Belitung Bersafari Ke Penutuk

Homepage

Menggunakan Kapal Laut Nelayan, Rombongan Muhammadiyah Bangka Belitung Bersafari Ke Penutuk

Kamis, 23-05-2019
Dibaca: 87

     

Para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung Memberikan Kenangan Kaligrafi Bagi Masjid Desa Penutuk

Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

 

Bangka Selatan -- Ahad 14 Ramadhan 1440 H (19/05/19), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bangka Belitung bersama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bangka Selatan, dan Ortom, melakukan safari ramadhan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tukak Sadai, tepatnya di desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

 

Sekitar pukul 14.00 WIB dengan titik kumpul di STKIP MBB,  rombongan berangkat menuju Toboali, Bangka Selatan. Setibanya di Toboali, rombongan disambut oleh PDM Bangka Selatan dan selanjutnya langsung menuju pelabuhan Sadai. Menggunakan kapal laut nelayan, rombongan yang berjumlah lebih kurang 50 orang melakukan penyeberangan. Setibanya di desa Penutuk, rombongan disambut hangat oleh masyarakat sekitar.

 

Bertempat di masjid desa Penutuk, acara safari ramadhan ini dibuka oleh Ustadz Syahrullah Al Qodri, sambutan Hendri selaku ketua panitia pembangunan masjid desa Penutuk, dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus peninjuan pembangunan masjid dari Ketua STKIP MBB, Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd yang juga merupakan Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Acara dilanjutkan dengan berbuka bersama. Sebelum berbuka, rombongan dan jamaah masjid mendengarkan tausyiyah yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan Kader PWM Bangka Belitung, Sofyan Tsauri. Dalam tausyiyahnya, Sofyan Tsauri menekankan arti penting mensyukuri nikmat Allah SWT.

 

“Bagaimana pentingnya bagi kita untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. Mensyukuri Nikmat karna Allah SWT telah mempertemukan kita di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan ini’, ujar salah satu tokoh penting dalam perkembangan Muhammadiyah Bangka Belitung ini.

 

Setelah berbuka, rombongan safari ramadhan dan jamaah masjid desa Penutuk melakukan sholat Magrib dan santap malam, dilanjutkan sholat Isya dan tarawih.

 

Selepas sholat Tarawih, acara dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Sekretaris PWM, Ustadz Fadillah Sabri, ST., M.Eng. Dalam ceramah singkatnya, Fadillah Sabri mengulas tentang alasan diturunkannya Al Qur’an.

 

“Terdapat beberapa alasan ditrunkannya Al Qur’an kepada umat manusia. Hal ini sesuai dengan Firma Allah dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185, yaitu ada terdapat 3 alasan. Petama, sebagai petunjuk bagi manusia. Kedua, sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk tersebut. Dan ketiga, sebagai pembeda antara Haq dan yang Bathil”, jelas Ketua BPH STKIP MBB ini.

 

Lanjut Fadillah Sabri, sebagaiman firman Allah SWT Qur’an Surat Al Baqarah ayat 185 yang berbunyi :

 

“Syahru romadhoonallaziii unzila fiihil-qur`aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqoon, fa man syahida mingkumusy-syahro falyashum-h, wa mang kaana mariidhon au 'alaa safarin fa 'iddatum min ayyaamin ukhor, yuriidullohu bikumul-yusro wa laa yuriidu bikumul-'usro wa litukmilul-'iddata wa litukabbirulloha 'alaa maa hadaakum wa la'allakum tasykuruun”.

 

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”, tutup Sang Tukang Ngulon ini.

 

Sebelum rombongan bertolak meninggalkan desa Penutuk, acara diisi dengan bakti amal, yakni pemberian 10 bingkisan kepada 10 anak yatim/piatu, 20 paket sembako kepada 20 dhuafa, dan pemberian kenang-kenangan dari Ketua STKIP MBB kepada Ketua Yayasan Masjid Desa Penutuk berupa Kaligrafi.

Penulis : Bang U (Reporter Matahati)

Editor   : Odi


Tags: #SafariRamadhan #1440H #PW #Penutuk #Bangka Selatan
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website